CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Monday, September 1, 2014

CHEMICAL PEELING

     Perawatan peeling adalah perawatan untuk kulit dengan cara pengelupasan kulit pada bagian paling luar. Peeling terbagi atas dua metode yaitu mechanical peeling dan chemical peeling. Mechanical peeling yaitu peeling dengan menggunakan alat seperti mikrodermabrasi, sedangkan chemical peeling adalah peeling dengan menggunakan bahan-bahan berbentuk cairan yang dioleskan ke wajah dengan konsentrasi yang disesuaikan dengan masalah dan kondisi kulit.

    Mekanisme treatment ini adalah dengan merangsang pertumbuhan epidermis melalui pelepasan stratum korneum, mengurangi lapisan kulit yang rusak seperti pada masalah hiperpigmentasi, merangsang reaksi inflamasi jaringan kulit yang lebih dalam yang dapat menyebabkan pembentukan kolagen baru dan substansi dasar dermis.

     Pada saat pengerjaan akan ada sensasi perih dan gatal yang diakibatkan karena reaksi cairan tersebut, namun tidak perlu khawatir karena setelah peeling dibersihkan maka rasa tidak nyaman tersebut akan menghilang. Manfaat chemical peeling adalah mengencangkan kulit, mengurangi kerutan-kerutan halus, bekas jerawat, masalah hiperpigmentasi kulit, meratakan warna kulit dan kulit kusam.

   Chemical peeling terdiri dari berbagai macam bahan dengan kadar yang berbeda dan ada yang juga dikombinasikan. Jenis bahan yang biasa digunakan untuk peeling yaitu fenol, trichloro acetic acid (TCA), resorsin, kombinasi TCA, alpha hydroxy acid (AHA). Untuk efek samping yang terjadi biasanya adalah kulit yang kemerahan, pelepasan lapisan luar epidermis ( epidermolysis ) dan lainnya sesuai reaksi yang terjadi. Semua efek samping bersifat sementara, setelahnya kulit anda akan terlihat lebih baik dari sebelum melakukan perawatan ini.


3 comments:

  1. Hey bu dr. Liza. I have a question. If someone uses this treatment and he or her has acnes on their face, isn't it dengerous for their face, because as we know skin has acne it's so sensitive and we're afraid it's worse. What's your opinion about it.

    Sincerely

    ReplyDelete
  2. hello mr. rizqi, thank you for ur question.
    as we know, many different types of peels can be used to alleviate acne as well as scarring, but glycolic acid ( alpha hydroxy acid ) is the most common. Salicylic acid may be more suitable for sensitive skin, and yet another type, polyhydroxy acid, is among the latest generation of acids that results in the least irritation. you should try to ask ur doctor and ur doctor will decide which type of peel and concentration based on your skin's problem.

    ReplyDelete
  3. Before I ask to my private doctor, can I take care by myself. Do you have recommendation for it ?? And how I know which type of peel and concentration based on my skin's problem with my self?

    ReplyDelete

 
The Aristocats - Marie