CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Monday, September 1, 2014

YOGA SEBAGAI ANTI AGING PADA TUBUH


    Saat ini hanya sedikit orang yang menyadari pentingnya mempertahankan kekuatan dan vitalitas tubuh sampai usia lanjut. Bahkan banyak orang yang tampak jauh lebih tua penampilannya dari usia sebenarnya. Hal ini dapat terjadi karena adanya proses penuaan, beberapa faktor yang menyebabkan penuaan terlepas dari usia yaitu stress psikis yang berlebihan, makanan yang tidak bergizi, gaya hidup atau life style yang tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol atau postur tubuh yang salah saat bekerja.

    Namun perlu diketahui bahwa tubuh manusia memiliki kemampuan dalam meregenerasi dalam tingkat sel dan salah satu cara meningkatkannya adalah dengan melakukan senam yoga secara teratur. Melalui yoga secara teratur setidaknya 10 menit setiap hari anda dapat meremajakan tubuh anda.

    Senam yoga adalah istilah untuk latihan fisik, mental dan spiritual yang berasal dari india. Kata yoga dalam bahasa sanskerta yang berarti ‘penyatuan’ dimana aktivitas yoga menitikberatkan pada meditasi untuk memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indera dan tubuh secara keseluruhan melalui penyatuan pikiran, tubuh dan jiwa.

   Saat ini yoga dikenal sebagai wellness-training dan sebagai anti aging yang dapat mempertahankan fleksibilitas tubuh dan jiwa sampai usia lanjut karena membantu mengelola stress, faktor resiko penyebab penyakit yang berhubungan dengan usia seperti jantung hingga depresi.

    Sebuah konsep yang dikenal dalam yoga yaitu usia seseorang ditentukan oleh fleksibilitas tulang belakang bukan hanya berdasarkan usia seseorang. Dalam hal ini yoga mampu memberikan hal positif dalam menjaga kesehatan tubuh melalui perentangan dan peregangan tubuh sehingga berpengaruh terhadap seluruh fungsi tubuh, meningkatkan koordinasi dan gerak tubuh.

   Yoga dapat memperlambat proses penuaan dengan mentransmisi oksigen dan nutrisi penting lainnya ke seluruh tubuh, mempertahankan keelastisan tulang belakang, memperkuat otot-otot, dapat mengoreksi postur tubuh, melancarkan sirkulasi darah keseluruh tubuh seperti jantung dan tubuh bagian atas, menghindari kulit mudah kendur dan berkerut sehingga dapat mencegah double chin, kerutan-kerutan dikulit dan dapat membantu mengurangi rambut yang memutih sebelum usia lanjut karena kurangnya sirkulasi darah ke tubuh bagian atas.

    Selain itu beberapa manfaat lain yang juga didapat dari yoga untuk membantu memperlambat penuaan antaralain:
  • Memperbaiki sistem pernapasan.
  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga kekebalan tubuh kuat dalam mempertahankan kesehatan.
  • Meningkatkan sistem metabolisme untuk bekerja secara maksimal dan seimbang, yang berpengaruh dalam mengendalikan nafsu makan yang nantinya akan dapat membantu menghasilkan berat badan yang ideal.
dr. Febdah Noveliza

No comments:

Post a Comment

 
The Aristocats - Marie